Penting! Baca Ini Dahulu: Yuk Belajar Bahasa Arab!


Bismillah

Sahabat el-Fusha yang mulia, kami ingin menjelaskan perihal kurikulum yang diterapkan di website ini, dalam rangka pembelajaran bahasa Arab yang mudah dan menyenangkan bagi anak dan pemula.

Kami persiapkan susunan pembelajaran agar:

  • menyiapkan kemampuan baca kata & kalimat Arab yang benar (level A)
  • menyiapkan kemampuan bahasa Arab dasar (level B)
  • meningkatkan kemampuan lanjutan (level C)

Level A

Kami melihat bahwa dalam belajar bahasa Arab, penting sekali untuk mulai memahami huruf-huruf hijaiyah terlebih dahulu: tepat & benar dalam melafalkan huruf-huruf serta kata-katanya.
Kami disarankan oleh guru-guru kami bahwa akan lebih baik lancarkan dahulu kemampuan pelafalan huruf dan membaca kata-kata bahasa Arab, sebelum masuk ke pembelajaran bahasa Arab dasar.
Oleh karena itu, setelah mencari metode-metode baca terkini dan yang telah sukses di masyarakat. Setelah menempuh pencarian dari beberapa metode terbaik, kami memilih metode Iqra yang disusun oleh KH As'ad Humam rahimahullah.

Metode ini telah dinilai baik sekali dalam mengantarkan baik anak-anak maupun dewasa agar mampu membaca dengan mudah dan cepat kata-kata bahasa Arab dan Al-Quranul Karim.



Level B

Harus diakui, kami agak sulit mencari buku pegangan level pemula ini. Selama ini kami berpatokan dengan beberapa buku lainnya yang banyak beredar di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Namun buku-buku ini kami rasakan masih "agak berat" untuk level anak-anak dan pemula.

Alhamdulillah di penghujung tahun 2019 kami menemukan buku-buku paket terbitan baru yaitu Arabiyah Bayna Yaday-Auladina (ABYA) yang khusus diarahkan bagi anak-anak dan pemula.

Buku ini disusun oleh para ahli bahasa Arab berspesialisasi dalam pengajaran bahasa Arab bagi non-native speaker (bagi non-Arab).


Kami berkeyakinan, in syaa Allah, buku ini pun akan se-fenomenal kakak pendahulunya, yaitu buku Arabiyah Bayna Yadayk (ABY).


Setiap halamannya penuh dengan warna, dimulai dari materi paling sederhana serta topik-topik pembahasannya diarahkan pada kehidupan sehari-hari.


Buku ini dilengkapi dengan audio native speaker Arab asli (bisa download dengan gratis) serta disusun dengan kurikulum yang sederhana dan mudah diikuti, dilengkapi dengan gambar-gambar yang berwarna-warni.


Berikut adalah sekilas video mengenai Arabiyah Bayna Yaday-Auladina (ABYA), untuk anak dan pemula.




Oleh karena itu, kami melihat buku ini mudah dipelajari dan dikuasai oleh anak-anak dan pemula, in-syaa Allah.



Level C

Kami memilih buku Arabiyah Bayna Yadayk (ABY) untuk diajarkan pada level ini, mengingat keberhasilannya dalam membebaskan warga negara dunia dari ketidakmampuan berbahasa Arab selama ini.
Buku paket ABY ini telah diajarkan di lebih dari seribu ma'had, pesantren, dan universitas di seluruh dunia serta menjadikan pembelajaran bahasa Arab menarik dan menyenangkan.

Buku ini dilengkapi dengan audio native speaker (Arab asli) serta dilengkapi dengan gambar-gambar berwarna yang menarik, serta struktur pengajarannya yang sederhana namun mudah untuk diikuti, in syaa Allah.


Berikut adalah sekilas video mengenai Arabiyah Bayna Yadayk (ABY) untuk lanjutan.




Semoga Allah ta'ala mudahkan seluruh urusan kita dalam kebaikan. Aamiin.


---

Cover Photo  by LUM3N on Unsplash
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggal Hari Ini (Masehi/Hijriyah)

Popular Posts

Facebook

Recent Posts

Tanggal Hari Ini (Masehi/Hijriyah)