7 Alasan Mengapa Anak-Anak Anda (Harus) Belajar Bahasa Arab.. Demikian (juga) Anda!



Berikut adalah 7 (tujuh) alasan mengapa anak-anak sahabat el-Fusha sebaiknya mulai belajar bahasa Arab sejak sekarang... demikian juga dengan Anda

1. Masa Emas 
Masa anak-anak adalah masa emas (golden age) yang membuat mereka mudah (sangat mudah, bahkan!) menyerap beragam informasi dari sekitarnya. Bahkan bisa mengulangnya dengan mirip.

Serta mereka masih bisa menyebutkan dengan detil walaupun masa terjadinya terjadi beberapa hari sebelumnya.

Dengan demikian, sangat mudah bagi anak-anak belajar bahasa Arab. Apalagi bila pembelajaran dilakukan dengan sambil bermain, maka hal itu tidak terlalu menyulitkan bagi mereka.

== Bagaimana dengan Anda?

Tentu masa emas tersebut telah lewat ya. Namun, tetaplah semangat! Mengapa?

Percayalah, ini karena saat ini adalah masa yang tepat sekali Anda belajar bahasa Arab.
Kapan lagi Anda belajar bahasa yang mulia ini kalau bukan sekarang?

2. Kepribadian Mulia
Anak-anak Anda butuh bahasa yang menunjang kepribadian mereka kelak: kepribadian Islam. Bagaimana mungkin mereka bisa berkepribadian Islami namun mereka jauh dari mengenal bahasa nabi mereka sendiri?

Bacaan sholat, bacaan al-Quran serta hadis -- semuanya dalam bahasa Arab.

== Bagaimana dengan Anda?

Barangsiapa yang ingin memperbaiki agamanya, mestilah ia mempelajari bahasa Arab. Jadi tidak adalah masa yang paling tepat mempelajari bahasa Arab, selain dari saat ini, di mana Anda "penasaran" dan berlabuh di website ini.

Jadi, jangan tunda-tunda keinginan belajarnya. Mulailah sekarang. Saat ini, adalah waktu terbaik Anda! Mudah-mudahan dengan belajar bahasa Arab, maka Anda semakin memahami bacaan shalat, ungkapan-ungkapan, dalil-dalil yang diungkapkan ustadz-ustadz Anda di ceramah-ceramah serta shalat Jumat.

Dengan demikian, pemahaman agama Anda in syaa Allah semakin baik. Mudah-mudahan akhlaq baik kita menjadi bekal untuk akhirat kita. Aamiin.

3. Kemudahan Media
Saat ini banyak sarana & fasilitas yang tersedia demi kemudahan belajar Bahasa Arab. Namun, tidak semua menunjang anak-anak enjoy menikmati pembelajaran bahasa Arab yang terarah dan terstruktur.

Kami di el-Fusha berusaha memberikan media pembelajaran yang menarik serta sistematis agar anak-anak menyukai proses belajar bahasa Arab ini, serta membuat mereka mencintainya.

== Bagaimana dengan Anda?

Justru dengan media audio, video dan buku yang berwarna, anak-anak saja tertarik apalagi dewasa. Metodologi pengajarannya disusun secara sistematis dan mudah diikuti oleh anak-anak mulai dari usia 5 tahun s/d dewasa.

Kami menerapkan rumus sbb
W x M x S x P = K

W = waktu
M = media
S = sistematis
P = praktek
K = keahlian

Dengan menyediakan waktu yg cukup, media yang memadai, cara belajar yang sistematis serta sering praktek, in syaa Allah, Anda bisa mendapatkan keahlian tertentu dalam bahasa Arab!

4. Mulai Semakin Dini = Jam Terbang Tinggi
Semakin awal mempelajari sebuah bahasa secara konsisten hingga dewasa, menjadikan anak percaya diri dengan bahasa tersebut serta makin ahli. Hal ini dikarenakan "jam terbang"-nya yang tinggi.

Berbeda dari seseorang yang belajar sejak remaja atau dewasa, baru beberapa tahun belajar. Secara umum, bila konsistensi belajarnya sama, maka jam terbang menentukan.

Jadikan putra-putri Anda familiar dengan bahasa Arab sejak dini!

== Bagaimana dengan Anda?

Tidak ada kata terlambat! Dengan usaha extra keras, Anda masih bisa mendapatkan keahlian bahasa Arab dengan sistem yang baik dan terarah (silakan lihat rumus di atas).

5. Manfaatkan Waktu dengan Bermain & Belajar
Bagi anak-anak, bermain adalah belajar. Ya, benar. Kadang sebagian orang tua mengartikan bahwa belajar itu hanyalah dengan memegang buku, membacanya, berada di depan guru dan berada di kelas secara fisik. Sang anak terdiam dan penuh perhatian. Dan ini adalah pemahaman yang tidak sepenuhnya pas.

Fase anak-anak adalah fase bermain sambil belajar. Ya, mereka menyerap ilmu dengan cepat dengan mewarnai, menggambar, bermain dan bertanya. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu bermain ini untuk belajar yang bermanfaat, salah satu di antaranya adalah bahasa Arab.

== Bagaimana dengan Anda?

Pada dasarnya, orang dewasa sama dengan anak-anak: sambil bermain pun bisa belajar. Terlebih bila menyenangkan.

Kami di el-Fusha memberikan akomodasi baik bagi anak-anak maupun dewasa untuk tumbuh bersama dari basic, mempelajari bahasa Arab dengan metodologi yang menarik dan menyenangkan! In syaa Allah.

Buku yang berwarna-warni, disertai beragam aktivitas latihan yang menarik serta audio native speaker (penutur asli orang Arab) yang akan membantu setiap yang belajar seolah belajar langsung dari nara sumber aslinya, orang Arab dengan bahasa yang fasih (bahasa Arabnya: fus-ha).

6. Belajar Hal-Hal yang Dibutuhkan Saja, setiap hari
Kadang kita memaksakan kepada anak-anak untuk belajar kaidah, tatabahasa, aturan, kosakata dan lainnya yang barangkali tidak dibutuhkan si anak untuk berkomunikasi dengan bahasa Arab.

Pendidikan bahasa sebenarnya adalah pengajaran keahlian. Sama halnya seperti seorang ibu yang membimbing anaknya berbicara bahasa ibu, dengan logat / dialek khasnya, dengan kosa kata yang memang dibutuhkan si anak untuk berkomunikasi.

Bukannya memasukkan pada anak kaidah-kaidah baku yang kadang untuk ukuran orang dewasa saja, membuat pusing.

Dengan sang ibu melatih pendengaran serta kosa kata yang berulang-ulang, sambil bermain, mencurahkan kasih sayangnya, sehingga sang anak nyaman dalam pelukan dan asuhan sang ibu, maka sang anak mendapatkan "keahlian" berbahasa sejak kecil tanpa perlu duduk di bangku kelas mempelajari bahasa ibu.

Demikian pula ketika mengajarkan anak naik sepeda. Bukan teori yang diberikan melainkan cara agar bisa mahir naik sepeda.

== Bagaimana dengan Anda?

Dengan prinsip yang sama, kami sarankan pelajari hanya yang perlu-perlu saja dahulu. Mulai dari yang sederhana. Namun terstruktur dan kontinyu, setiap hari.

Hal yang kita pelajari adalah "keahlian" berkomunikasi dengan bahasa Arab. Bukan sekedar teori.
Bukan sedang mempelajari ilmu bahasa Arab. Meski demikian, tentu kaidah-kaidah akan diajarkan pada waktunya.

Dengan demikian kemampuan berbahasa pun meningkat seiring dengan peningkatan kemampuan di kaidah serta kosa kata.

7. Pahala Jariyah
Dengan diawali niat ikhlas kepada Allah ta'ala, mengajarkan putra-putri Anda bahasa agama yang mulia ini, mudah-mudahan menjadi pahala jariyah yang terus mengalir kepada Anda meski kita telah berada di alam barzakh.

Bayangkan Anda mengajari beberapa anak Anda belajar bahasa Arab. Kelak, mereka pun mengajari para cucu Anda belajar bahasa ini. Hingga terus bergenerasi-generasi, semua beramal sholeh lewat media belajar bahasa Arab yang telah Anda inisiasi sekarang! Bukankah hal ini menggiurkan?

== Bagaimana dengan Anda?

Tidak ada kata terlambat! Dengan Anda belajar bahasa Arab sekarang, Anda bisa menularkan kepada adik kakak Anda, serta kepada orang tua serta saudara-saudada Anda.

Juga kepada anak-anak Anda, sehingga mudah-mudahan dengan mereka mendapat informasi bahasa Arab dari Anda, mereka pun belajar dan beramal soleh dengannya. Sehingga Anda pun tetap mendapat pahala jariyah ini.
Semoga Allah ta'ala memudahkan urusan kita semua. Aamiin.

---
Photo cover by Plush Design Studio on Unsplash

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggal Hari Ini (Masehi/Hijriyah)

Popular Posts

Facebook

Recent Posts

Tanggal Hari Ini (Masehi/Hijriyah)