Belajar Bahasa Arab: Mudahkah?


Website ini kami dedikasikan bagi Anda yang ingin belajar bahasa Arab dari dasar atau bagi Anda yang ingin mengajari putra-putrinya bahasa Arab dari dasar.

Pertanyaannya: apakah belajar bahasa Arab mudah?

Jawabannya: tergantung kepada niat dan cara metoda belajar Anda.

1. Kekuatan niat

Bila Anda memiliki niat yang kuat untuk bisa bahasa Arab, maka Anda in-syaa Allah akan menemukan bahwa belajar bahasa Arab adalah mudah. Meski kesulitan demi kesulitan menghadang Anda.

Pertanyaannya: bagaimana cara agar memiliki niat yang kuat?

Jawabannya: Anda tahu apa alasan Anda ingin bisa bahasa Arab. Apabila Anda ingin bisa karena ini adalah bahasa sholat Anda, bahasa Al-Quran dan hadits-hadits Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, serta lainnya, maka Anda telah menemukan salah satu alasan kuat untuk bisa bahasa Arab.

Apabila Anda ingin memahami agama Islam dengan bahasa aslinya, sehingga Anda paham maksud dan tafsir dari setiap ayat Al-Quran dan hadits-hadits, maka Anda telah menemukan salah satu alasan kuat lainnya untuk bisa bahasa Arab.

2. Metoda belajar

Dengan niat yang kuat diiringi dengan metoda belajar yang menyenangkan, tepat serta mudah, sesuai dengan tingkat kemampuan Anda, adalah faktor berikutnya yang menentukan mudahnya seseorang belajar bahasa Arab.

Gunakanlah metoda yang telah teruji dan berhasil - bi-idznillah - membantu banyak orang berhasil menguasai bahasa Arab dengan baik. Hindari cara trial-error (coba-coba), karena Anda tidak akan sampai ke mana-mana. Bahkan dikhawatirkan akan berhenti di tengah jalan.

Oleh karena itu, kami di El-Fusha berusaha untuk mencari metoda terbaik bagi Anda sehingga Anda tidak perlu lagi mencari ke sana ke mari, berjalan dalam kegelapan, mencari mana cara belajar bahasa Arab yang menarik dan menyenangkan.


Kemampuan Baca Tulis Dahulu, Baru Belajar Bahasa Arab!
Salah satu faktor penentu keberhasilan seseorang mudah belajar bahasa Arab adalah tingkat kemampuannya dalam membaca huruf-huruf hija-iyah (huruf Arab) atau Al-Quran al Karim.

Bagaimana mungkin bila seseorang bisa melafalkan suatu bahasa dengan fasih, namun ia tidak bisa membaca huruf-huruf pada bahasa tersebut?

Contoh:
- bagaimana mungkin seseorang bisa belajar bahasa Cina dengan fasih, bila ia tidak menguasai bahasa tulisan (kemampuan baca & tulis huruf kanji Cina)?

- bagaimana mungkin seseorang bisa belajar bahasa Jepang dengan fasih, bila ia tidak menguasai bahasa tulisan (kemampuan baca & tulis huruf kanji Jepang)?

Demikian pula dengan bahasa Arab: Anda sebaiknya kuasai terlebih dahulu kemampuan baca tulis huruf-huruf Arab ini, sebelum Anda terjun masuk belajar bahasa Arab.

Oleh karena itu, kami di El-Fusha menggunakan buku metoda Iqra yang telah teruji dalam membantu masyarakat Indonesia sejak tahun 1988, membabaskan puluhan juta (bahkan mungkin ratusan juta) orang dari buta huruf-huruf Arab.

Selanjutnya, kami di El-Fusha menggunakan buku Arabiyah Bayna Yaday-Auladina (ABYA) bagi para pemula pembelajar bahasa Arab. Buku ABYA ini disusun oleh para pakar ahli bahasa Arab yang mengkhususkan diri dalam mengajari bagi para pelajar non-Arab: agar belajar bahasa Arab mudah dan menyenangkan.

Dan tahapan selanjutnya, kami di El-Fusha menggunakan buku Arabiyah Bayna Yadayk (ABY) bagi mereka yang telah selesai mempelajari ABYA dan/ atau bagi mereka yang telah memiliki dasar-dasar bahasa Arab sebelumnya. Buku ABY ini disusun oleh para pakar ahli bahasa Arab, dan buku ini telah dipergunakan lebih dari 10 tahun di ribuan madrasah dan universitas seluruh dunia, dan kami pun telah merasakan manfaat dari buku ini. Alhamdulillah.

Anda bisa mengikuti seluruh kajian pembelajaran bahasa Arab di El-Fusha ini dengan sistematis, teratur dan berurutan dengan Anda mengunjungi halaman kurikulum di sini.

Semoga apa yang kami bagikan di sini menjadi manfaat bagi kita semua.
Semoga Allah ta'ala mudahkan urusan kita semua. Aamiin

Selamat belajar!

---
Photo cover by Joanna Kosinska on Unsplash
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggal Hari Ini (Masehi/Hijriyah)

Popular Posts

Facebook

Recent Posts

Tanggal Hari Ini (Masehi/Hijriyah)