5 Keistimewaan dan Keuntungan Belajar Bahasa Arab



Berikut adalah 5 (lima) keistimewaan dan keuntungan balajar bahasa Arab. Dengan belajar bahasa Arab sejak sekarang dengan komitmen tinggi, maka Anda:

1. Paham Bacaan Sholat
Membuka jalan lebar-lebar memahami bacaan sholat yaitu bacaan Al-Quran (Al-Fatihah dan surat-surat lain) serta bacaan pada sholat seperti takbir-nya, dzikir pada saat ruku, i'tidal, sujud serta pada posisi duduknya.

Anda bisa mulai tahu arti per kata dari tiap ayat pada surat Al-Fatihah, serta surat-surat yang sering dibaca oleh Imam. Dan hal ini membantu meningkatkan ke-khusyu-an kita dalam shalat.

Dengan meningkatkan pemahaman terhadap setiap ayat dan dzikir / bacaan dalam sholat, semoga Allah ta'ala makin cinta kepada kita dan menerima sholat-sholat kita, serta amal-amal sholih lainnya.

Apa yang diharapkan seorang hamba selain ridho dan cinta dari Yang Maha Penyayang?

2. Paham Dalil pada Ceramah & Khutbah
Anda mulai paham pada isi pembicaraan pada ceramah-ceramah para ustadz. Dan karena Anda mengenal kata-katanya langsung (bukan terjemahan), Anda bisa lebih memahami secara lebih mendalam.

Anda makin paham makna dan pemahaman dari ayat-ayat Al-Quranul Karim. Anda makin paham hadits-hadits nabi Muhammad  , serta adits-hadits nabi Muhammad 

Dan ketika Anda melaksanakan haji / umrah, Anda bisa memahami khutbah-khutbah para syaikh yang memberikan nasehat dan wejangan selepas waktu shalat, baik shalat shubuh atau pun 'ashar, baik di masjidil haram, Mekkah, maupun di masjid nabawi, Madinah.

Dengan demikian, Anda akan makin bisa memahami dasar-dasar agama ini dengan lebih baik, karena mafhum dengan dalil-dalilnya.

3. Paham Kitab para Ulama
Membuka kemudahan memahami kitab-kitab para ulama ahlussunnah yang penuh manfaat. Berbeda lho, antara Anda membaca terjemahnya dengan membaca buku aslinya!

Kadang ada keterbatasan pada terjemahan. Bukan bermaksud menyalahkan penerjemah, melainkan sering kali ada keterbatasan kesepadanan kata dari bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Sebagian kata-kata Arab memiliki arti yang kadang lebih luas, kadang lebih spesifik dibandingkan bahasa kita.

Mengapa? Karena bahasa Arab ini sudah berusia ribuan tahun dengan beragam bentuk kata yang bervariasi serta kosa kata yang luar biasa melimpah.

Tidak heran bila Allah ta'ala menurunkan Al-Quran dalam bahasa Arab. Selain merupakan suatu mu'jizat dari Nabi Muhammad ﷺ, juga

4. Bisa Mengikuti Pembicaraan Orang Arab
Banyak berita dan pembicaraan mengenai kondisi negara-negara Arab yang bisa kita ikuti dan pahami, bila Anda paham bahasa Arab. Kondisi sosial budaya, kultur serta peradaban bangsa-bangsa Arab yang menakjubkan, bisa Anda ikuti. Berita-berita terkini mengenai bangsa-bangsa Arab pun bisa Anda ikuti. Sehingga bila Anda ditanya mengenai area jazirah Arab, maka Anda pun bisa paham maksud arah pembicaraan serta bisa menjawabnya.


5. Tidak Tersesat Saat Umrah / Haji
Saat ber-umrah atau haji, maka tidak ada kekhawatiran tersesat karena memahami bahasa Arab dan bisa bertanya kepada penduduk setempat. Selain bisa mengenal tanda-tanda di jalan, Anda bisa bercakap-cakap dengan penduduk setempat.

Selain itu Anda bisa memahami budaya lokal serta tata krama orang setempat, sehingga mereka bisa lebih menghargai dan menerima Anda selama berada di sana.

Anda pun bisa menikmati majalah serta surat-surat kabar lokal serta mengetahui situasi setempat. Selain itu Anda pun bisa mengakses website-website lokal serta mengetahui kondisi terkini yang terjadi pada saat itu.

Demikianlah 5 keistimewaan dan keuntungan bila Anda mampu berbahasa Arab. Semoga Allah ta'ala mudahkan setiap urusan Anda. Aaamiin.

--
Photo cover by Minh Pham on Unsplash
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggal Hari Ini (Masehi/Hijriyah)

Popular Posts

Facebook

Recent Posts

Tanggal Hari Ini (Masehi/Hijriyah)